Batas Umur Aqiqah Anak

Aqiqah Tangerang

Perlakuan aqiqah anak laki-laki dan anak perempuan di dalam islam memiliki sedikit perbedaan di jumlah hewan aqiqah yang akan disembelih. Untuk batas umur aqiqah anak, banyak ulama yang berbeda pendapat.

Namun, sebagian besar ulama berpendapat bahwa kewajiban orang tua melaksanaan aqiqah hanya sampai anak tersebut menginjak baligh. Jika anak sudah menginjak baligh, maka orang tua sudah tidak memiliki kewajiban untuk melakukan aqiqah untuk anaknya.  

Adakah Batas Umur Aqiqah Anak?

Hukum pelaksanaan aqiqah adalah sunnah muakkad, namun bagi orang tua yang mampu dari segi hartanya, maka aqiqah ini menjadi sangat dianjurkan bahkan wajib untuk dilaksanakan. Batas umur aqiqah anak di dalam islam tidak dijelaskan dengan pasti. Karena sebenarnya, anda juga bisa melaksanakan aqiqah sendiri meski sudah menginjak dewasa.

Jumlah hewan aqiqah anak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, karena aqiqah anak laki-laki minimal 2 ekor kambing atau domba. Sedangkan hewan aqiqah anak perempuan berjumlah satu ekor kambing atau domba.

Namun, jumlah hewan aqiqah tersebut juga bisa berkurang maupun lebih bergantung dengan kondisi ekonomi orang tua sang anak yang akan diaqiqahi. Hewan yang digunakan untuk aqiqah juga tidak harus kambing atau domba, bisa menggunakan hewan apa saja asalkan masih termasuk hewan dalam kategori hewan kurban.

Mengapa terdapat perbedaan jumlah hewan kurban antara anak laki-laki dan peremnpuan?

Pada zaman dahulu, masyarakat Arab sangat mengagungkan kaum laki-laki dibandingkan perempuan. Hal ini juga berkaitan dengan riwayat Ummu Kurz Al-Ka’biyyah RA pada kitab Al-Muhazzab karya Abu Ishaq as Sirazi yang menjelaskan bahwa aqiqah disyaratkan sebagai perwujudan rasa bahagia atas kelahiran anak dengan kebahagian anak laki-laki lebih besar, sehingga jumlah hewan aqiqahnya lebih banyak.

Terdapat banyak kasus di Indonesia, orang tua tidak mampu untuk mangaqiqahi anak laki-laki atau perempuannya. Bagaimana solusi dari permasalahan tersebut?

Jika seseorang memiliki anak laki-laki, namun dirinya tidak memiliki uang untuk melakukan aqiqah dengan dua ekor kambing, maka ia diperbolehkan untuk menyembelih satu ekor kambing saja.

Apabila orang tersebut masih saja tidak sanggup untuk mengaqiqahi anaknya dengan satu ekor kambing, maka aqiqah bisa dilakukan di kemudian hari asalkan anak belum baligh.

Jika anak sudah baligh atau menginjak dewasa, maka kewajiban orang tua untuk mengaqiqahi anaknya menjadi gugur. Namun ada pula beberapa ulama yang berpendapat bahwa ibadah aqiqah tetap dianjurkan untuk dilakukan oleh anak terebut ketika sudah menginjak dewasa atau baligh.

Namun, jika kondisi ekonomi orang tua sang anak yang akan diaqiqahi bergelimbang harta, maka dirinya diperbolehkan untuk menyiapkan lebih dari satu atau dua kambing bergantung dengan kelamin anaknya. Orang tersebut juga diperbolehkan jika menyiapkan sapi, kerbau atau unta sebagai hewan aqiqah anak kesayangannya.

Paket Aqiqah Murah untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Paket Ekonomis Anak perempuan

Paket aqiqah murah, terpercaya dan pastinya sesuai syari’at bisa anda dapatkan di Cahaya Aqiqah. Kami sudah beroperasi sejak tahun 2008 hingga sekarang. Jadi, sudah ribuan paket aqiqah yang telah kami layani.

Kami melayani paket aqiqah wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Cibinong, Tambun, Cikarang, Depok dan sekitarnya. Proses pengiriman paket aqiqah dari kami juga dikenal sangat tepat waktu ditambah ada free biaya pengantaran untuk area Jabodetabek.

Selain itu, kami juga menawarkan beberapa tester paket aqiqah yang bisa anda cicipi terlebih dahulu sebelum anda memilih paket aqiqah sesuai dengan selera anda. Menu aqiqah yang banyak diminati di Cahaya Aqiqah adalah sate dan gulai kambing.

Jika anda memesan paket aqiqah dari kami, anda akan mendapatkan banyak free atau bonus yang bisa anda dapatkan selain free biaya pengantaran.

Tertarik memesan paket aqiqah dari Cahaya Aqiqah?

Segera lakukan pemesan paket aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan anda melalui WhatsApp di nomor 0897 3355 345.