Aqiqah Tanpa Pengajian Apakah Sah?

Aqiqah Tanpa Pengajian

Aqiqah adalah salah satu tradisi Islam yang di dalamnya terdapat kegiatan menyembelih hewan sebagai rasa syukur atas kelahiran seorang anak. Biasanya, aqiqah diadakan dengan pengajian. Namun, aqiqah tanpa pengajian apakah sah? Berikut selengkapnya.

Kebiasaan Tradisi Pengajian dalam Aqiqah Jakarta

Acara aqiqah seringkali diadakan dengan pengajian dan dihadiri oleh kerabat, tetangga, dan warga sekitar. Selama pengajian, biasanya juga terdapat seorang ustadz atau kyai yang memimpin pengajian dan doa selama proses pengajian aqiqah berlangsung.

Bagi sebagian orang juga mengadakan pengajian saat aqiqah adalah sebagai bentuk rasa syukur dan mempererat hubungan sosial serta memperoleh keberkahan di dalamnya.

Walaupun sering diadakan pengajian, namun rupanya aqiqah tanpa pengajian boleh-boleh saja dilakukan. Bagi orang yang kurang mampu atau sulit mengadakannya tidak perlu khawatir, mungkin ada beberapa alasan sehingga tidak dapat menyelenggarakan pengajian.

Aqiqah Tanpa Pengajian Apakah Sah?

Menjawab pertanyaan aqiqah tanpa pengajian apakah sah? Dari perspektif Islam sendiri tidak mewajibkan pengajian pada acara aqiqah. Jadi, jawabannya adalah sah-sah saja. Ayah Bunda tetap bisa mengadakan aqiqah walau tanpa pengajian.

Pada hakikatnya, aqiqah yaitu menyembelih hewan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang anak. Selain itu, aqiqah juga merupakan sunnah Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam.

Tidak terdapat syarat untuk mengadakan pengajian pada aqiqah, yang penting prosesi aqiqah berupa menyembelih hewan dan membagi-bagikannya (dalam keadaan matang) kepada kerabat atau tetangga terpenuhi.

Pandangan Masyarakat Aqiqah Tanpa Pengajian

Walaupun aqiqah boleh dilakukan tanpa pengajian, namun di hubungan masyarakat ada pandangan tersendiri. Beberapa masyarakat mungkin lebih mengutamakan ritual pengajian dalam aqiqah sebagai bagian dari prosesi aqiqah itu sendiri.

Masyarakat tentu akan turut serta berdoa dan memberi harapan-harapan terbaiknya pada sang anak. Walaupun demikian, masyarakat juga tetap lebih memfokuskan pada inti utama prosesi aqiqah itu sendiri.

Di hubungan masyarakat, Ayah Bunda bisa mengadakan pengajian pada saat aqiqah sebagai bentuk rasa syukur. Namun, jika belum mampu menyelenggarakannya karena keterbatasan biaya, waktu, tenaga, dan sebagainya, cukup dengan melakukan prosesi aqiqahnya saja pun tidak masalah.

Dari uraian di atas, kini Ayah Bunda sudah mengetahui aqiqah tanpa pengajian apakah sah? Jawabannya adalah tetap sah, selagi syarat-syarat aqiqah terpenuhi. Selain itu, ada atau tidaknya pengajian bukan menjadi masalah dan prosesi aqiqah tetap dapat dijalankan.

Untuk menyediakan berbagai keperluan aqiqah, Ayah Bunda bisa memesan paket aqiqah di Cahaya Aqiqah. Cahaya Aqiqah ialah penyedia jasa paket aqiqah Jakarta yang terpercaya dan amanah. Di sini, Ayah Bunda bisa mendapatkan berbagai pilihan paket aqiqah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kami juga melayani pemesanan untuk wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Cibinong, Depong, Tambun, Cikarang, dan sekitarnya. Kami pun memiliki sejumlah keunggulan yang tentu memberi berbagai keuntungan untuk Ayah Bunda.

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan kami:

  • Hewan sesuai syari dan berkualitas
  • Diolah secara higienis dan aman oleh chef berpengalaman
  • Gratis dokumentasi
  • Harga terjangkau
  • Dapat bonus (buku risalah, sertifikat, dsb)
  • Tersedia layanan pengantaran gratis
  • Bisa sembellih sendiri atau diwakilkan
  • Makanan lezat dan tidak berbau amis
  • Gratis food testing
  • Bisa bayar COD dan tanpa uang muka
  • Bisa pesan lewat telepon/website

Bagi Ayah Bunda yang tertarik untuk memesan paket aqiqah, Ayah Bunda bisa langsung melakukan pemesanan melalui kontak Whatsapp yang tertera di website resmi kami.