Bolehkah Bayi 1 Minggu Keluar Rumah?

Bolehkah Bayi 1 Minggu Keluar Rumah

Bayi baru lahir masih terlalu sensitif terhadap lingkungan, sehingga banyak yang mengira belum boleh keluar rumah walau sudah berusia 1 minggu. Lantas, bolehkah bayi 1 minggu keluar rumah? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bayi 1 Minggu Boleh Keluar Rumah atau Tidak?

Apabila seseorang baru melahirkan seorang bayi, mungkin banyak orang di sekitarnya yang menyarankan untuk tidak membawa bayinya keluar rumah terlebih dahulu. Hal ini karena bayi baru lahir dianggap masih membutuhkan perhatian dan perlindungan ekstra.

Belum lagi apabila bayi tersebut memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh atau lahir secara premature. Tentu peristiwa tersebut membuat orang tua sang bayi dan lingkungan sekitarnya merasa khawatir. Sehingga menyarankan kepada sang ibu untuk tidak membawa bayinya keluar rumah.

Padahal, sebenarnya bayi yang baru lahir satu hari pun diperbolehkan dibawa keluar rumah. Tidak ada patokan yang pasti kapan bayi diperbolehlan keluar rumah. Selama kondisi bayi sehat dan tidak ditemukan kekurangan dari segi kesehatan, bayi boleh-boleh saja keluar rumah.

Hanya saja memang apabila Ayah Bunda ingin membawa bayi keluar rumah, perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya seperti memastikan bayi tetap hangat dan nyaman, serta menghindari keramaian berlebih.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Jika Ayah Bunda ingin membawa bayi keluar rumah, pastikan Ayah Bunda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Memastikan Bayi Tetap Hangat

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah memastikan tubuh bayi tetap hangat. Bayi baru lahir masih belum mempunyai kemampuan mengatur suhu tubuh mereka sendiri sesuai dengan lingkungannya dengan baik.

Maka dari itu, Ayah Bunda harus memastikan tubuh bayi terbalut dengan pakaian atau selimut yang tetap memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Pastikan juga bayi terlindung dari terpaan angin atau udara dingin.

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Selanjutnya yaitu menghindari bayi dari paparan sinar matahari langsung. Saat keluar rumah dalam kondisi terik, pastikan Ayah Bunda memastikan bayi tidak terpapar sinar matahari langsung. Kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif terhadap sinar matahari.

Sebagai solusi, Ayah Bunda bisa mengenakan topi atau penutup kepala pada bayi. Selain itu, sebaiknya juga tetap menggunakan payung untuk perlindungan tambahan dari sinar matahari.

  1. Batasi Jarak dengan Orang Lain

Berikutnya adalah membatasi jarak bayi pada orang lain. Ayah Bunda tidak mengetahui kondisi kesehatan seseorang yang berada di dekat sang bayi, sehingga sebaiknya memberi jarak antara bayi dan orang lain.

Apabila ada orang lain yang ingin menyentuh bayi, Ayah Bunda boleh melarangnya dengan cara yang baik. Hal ini karena belum tentu tangan seseorang tersebut dalam keadaan bersih saat menyentuh bayi.

Itu dia pembahasan mengenai bolehkah bayi 1 minggu keluar rumah. Ya, bayi baru lahir atau yang sudah berusia 1 minggu diperbolehkan untuk keluar rumah. Hanya saja memang perlu memperhatikan beberapa hal agar Ayah Bunda tetap bisa menjaga si kecil.

Ayah Bunda yang ingin mengadakan aqiqah untuk sang bayi, Ayah Bunda bisa berkonsultasi dengan kami di Cahaya Aqiqah. Kami menyediakan berbagai pilihan paket aqiqah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Ayah Bunda.

Tidak hanya itu saja, tentunya kami juga melakukan segala proses sesuai dengan syariat islam, halal, dan pastinya higienis. Berbagai pilihan menu tersedia dengan cita rasa yang nikmat dan menggugah selera. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera hubungi kami di Cahaya Aqiqah.