5 Ide Aneka Menu Pendamping Acara Aqiqah

Aneka Menu Pendamping Acara Aqiqah

Aqiqah menjadi salah satu syariat di dalam agama Islam dengan tujuan menunjukkan rasa syukur dan bahagia atas kelahiran buah hati dalam keluarga. Aneka menu pendamping acara aqiqah juga patut diperhatikan untuk menghasilkan sajian aqiqah yang memuaskan.

Tak hanya olahan daging kambing saja untuk sajian menu aqiqah, sejumlah pendamping seperti sayuran segar biasanya dimasukkan dengan tujuan untuk menjadi pelengkap santap bersama tamu acara. Artikel kali ini akan memberikan sejumlah rekomendasi aneka menu pendamping acara aqiqah yang bisa Ayah Bunda coba.

Aneka Menu Pendamping Acara Aqiqah

Memilih makanan pendamping saat acara aqiqah terkadang bukan sesuatu yang mudah, sebab harus menyelaraskan dengan menu utamanya, yakni daging kambing. Berikut sejumlah menu pendamping untuk sajian acara aqiqah. Dijamin tamu undangan akan puas.

1. Menu Olahan Sayur Kangkung, Urap dan Tumis Brokoli

Dalam menyajikan hidangan saat aqiqah, tak mungkin apabila hanya menyajikan olahan daging kambing saja bukan? Agar supaya menu masakan lebih segar, dan tercukupi nilai gizinya, Ayah Bunda  bisa mencoba menyajikan olahan sayuran kangkung, urap-urap atau tumis brokoli.

Aneka Menu Pendamping Acara Aqiqah

Biasanya, saat acara keluarga atau hajatan, para tamu undangan sendiri akan lebih tertarik mengambil menu olahan sayuran yang ditumis, dibandingkan dengan sayuran yang diolah dengan kuah. Sebab, sayuran olahan tumis lebih tahan lama dan mengurangi risiko basi sebelum disajikan.

2. Hidangan Ringan, Siomay dan Bakso

Rekomendasi aneka menu pendamping acara aqiqah selanjutnya yakni dengan menghadirkan santapan ringan seperti siomay dan bakso. 

Santapan ringan ini bisa dihadirkan sebelum maupun sesudah makanan berat. Bisa dibilang, menu satu ini termasuk kedalam kudapan bagi para tamu, yang cocok dimakan saat mengobrol bersama.

Untuk ide lainnya, Ayah Bunda juga bisa mencoba menghadirkan menu kudapan gorengan sebagai pelengkap siomay dan bakso. Penyajiannya yang sederhana, dengan rasa yang gurih, menjadi daya tarik sendiri bagi para tamu. 

Ayah Bunda bisa menyajikan sejumlah menu gorengan seperti tahu isi, bala-bala, mendoan, dan masih banyak lainnya.

3. Hidangan Pencuci Mulut

Nah, setelah puas menyantap kudapan dan makanan berat atau utama, saatnya menghadirkan menu pencuci mulut atau menu penutup acara aqiqah. Sejumlah menu pencuci mulut yang cocok saat acara aqiqah yakni dengan menyajikan potongan buah-buahan segar, puding, aneka olahan es buah atau es campur.

Tak lengkap rasanya apabila tidak ada hidangan penutup di penghujung acara. Selain menu pencuci mulut diatas, 

Ayah Bunda juga bisa menyajikan es krim yang dingin dan manis di akhir acara. Terlebih, biasanya acara aqiqah terlaksana dari pagi sampai sore, sehingga es krim bisa menjadi menu penutup yang cocok dicicipi semua kalangan usia.

4. Menu Kue Aqiqah

Selain adanya menu utama yakni nasi dan olahan daging kambing, ada juga menu kue aqiqah untuk para tamu. Apabila Anda memiliki budget yang lebih, Anda bisa menambahkan hidangan kue seperti pastel, lemper, risol, donat dan jajanan pasar lainnya.

Untuk acara aqiqah yang diselenggarakan dengan konsep box atau kenduri, menu kue satu ini tak ketinggalan. Biasanya kue aqiqah diletakkan pada box yang tersendiri, dan diberikan setelah acara berlangsung, sebelum para tamu pulang. Aneka jenis kue baik itu kue kering maupun basah semuanya cocok untuk para tamu.

5. Pendamping Menu Utama, Kerupuk dan Sambal

Menu satu ini tak kalah wajib untuk selalu ada di suatu prasmanan acara aqiqah. Kedua menu ini meskipun terkesan menjadi menu tersier, tetapi juga menjadi menu pelengkap cita rasa lho. 

Bahkan ada sejumlah orang yang tidak bisa makan kalau tidak disertai dengan pelengkap sambal maupun kerupuk di dalamnya. Jadi menu pendamping satu ini, jangan sampai ketinggalan ya!

Itu dia 5 aneka menu pendamping acara aqiqah yang menarik untuk para tamu. Dengan menghadirkan sajian yang lengkap, itu berarti sama halnya dengan memuliakan para tamu undangan, dan melaksanakan acara syukuran yang sederhana namun berkualitas. 

Untuk Ayah Bunda yang ingin menggelar acara aqiqah untuk buah hati, maka bisa menggunakan jasa kami dari Cahaya Aqiqah.