Bolehkah Aqiqah dengan Jasa Catering?

Bolehkah Aqiqah dengan Jasa Catering

Momen kelahiran buah hati tentu sangat ditunggu-tunggu oleh Ayah Bunda. Salah satu bentuk rasa syukur atas kelahiran anak, umat muslim dianjurkan untuk melakukan aqiqah. Saat ini, prosesi aqiqah lebih mudah dengan jasa catering. Namun, sebenarnya bolehkah aqiqah dengan jasa catering?

Aqiqah biasanya dilakukan pada hari ke-7, 14, atau 21 setelah hari kelahiran. Kegiatan aqiqah sejatinya meliputi penyembelihan hewan ternak seperti kambing. Kemudian membagikannya kepada keluarga dan orang yang membutuhkan. Adapun bayi laki-laki wajib memotong dua ekor kambing sedangkan perempuan satu ekor saja.

Hukum Menjalankan Aqiqah untuk Anak

Jika dilihat dari sisi hukum Islam, hukum pelaksanaan aqiqah merupakan sunnah muakkad, yaitu sunnah yang diutamakan. Apabila seorang muslim mampu, aqiqah dianjurkan dilakukan ketika anak masih bayi. Namun, jika kurang mampu, aqiqah dapat ditiadakan atau ditunda.

Pada umumnya, aqiqah dilaksanakan ketika hari ketujuh kelahiran bayi. Bersamaan dengan itu, dilakukan proses penyembelihan kambing, mencukur rambut bayi, dan pemberian nama. Seluruh kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur.

Hikmah Aqiqah

Sebagaimana ibadah lainnya, ketika Ayah Bunda menjalankan aqiqah pun akan mendapat hikmah dan keutamaan. Beberapa hikmah aqiqah yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai Bentuk Rasa Syukur

Anak merupakan amanah dari Allah yang sudah semestinya dijaga dan didik dengan baik. Nah, pada saat kelahirannya, orang tua dianjurkan melaksanakan aqiqah sebagai perwujudan rasa syukur.

Aqiqah menjadi momen untuk berbagi kebaikan dengan sesama muslim. Itulah sebabnya aqiqah digambarkan sebagai perasaan bersyukur dan bergembira sekaligus upaya membagikan kebahagiaan kepada kerabat.

  • Mempererat Persaudaraan

Aqiqah dapat menjadi sarana komunikasi dan interaksi sosial. Pada acara aqiqah akan diundang kerabat dekat dan tetangga. Pada momen itulah sesama muslim dapat mempererat tali silaturahmi sebagaimana saudara muslim diikat dalam satu akidah Islam.

  • Mengajarkan Sikap Peduli Sosial

Salah satu agenda aqiqah yakni membagikan daging kambing yang telah dimasak kepada keluarga dan orang yang membutuhkan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an bahwa untuk tolong menolong dalam kebaikan.

Bolehkah Aqiqah Dengan Jasa Catering?

Bolehkah Aqiqah dengan Jasa Catering

Bolehkah aqiqah dengan jasa catering? Melaksanakan aqiqah melalui jasa catering atau layanan aqiqah diperbolehkan. Artinya, aqiqah tidak harus melihat langsung proses penyembelihan hewan. Sebagaimana pada jasa layanan aqiqah tentu Ayah Bunda hanya tinggal menerima paket aqiqahnya saja.

Pada kondisi ini berarti termasuk mewakilkan. Maksudnya adalah orang yang menyerahkan perwakilan diri kepada selainnya. Namun, yang terpenting adalah perwakilan tersebut paham mengenai niat, tata cara, dan proses pengolahan daging aqiqah.

Ayah Bunda perlu memperhatikan juga bahwa aqiqah tidak dapat diganti dengan uang. Meskipun boleh melalui perwakilan di jasa aqiqah, masalah hewan aqiqah tidak dapat digantikan. Sebab, hal ini menyalahi aturan hukum Islam yang berlaku.

Mempersiapkan Aqiqah Bersama Cahaya Aqiqah

Melaksanakan aqiqah hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang diutamakan. Karena itu, alangkah baiknya Ayah Bunda mempersiapkan aqiqah anak dengan baik. Contohnya menabung untuk keperluan biaya aqiqah. Hal ini penting mengingat anggaran pembelian hewan aqiqah cukup besar.

Belum lagi harus mengurus paket aqiqah yang akan dibagikan kepada keluarga, biayanya pun perlu dianggarkan. Akan tetapi, Ayah Bunda tidak perlu khawatir. Saat ini telah tersedia jasa aqiqah beserta layanan catering yang terpercaya dan tentunya paham dengan hukum pengolahan hewan aqiqah.

Cahaya Aqiqah hadir sebagai solusi paket aqiqah hemat yang menyediakan layanan aqiqah terpercaya. Kami siap menyediakan kebutuhan aqiqah untuk buah hati Ayah Bunda sekalian.

Sejak 2008 beroperasi, kami telah melayani ratusan hingga ribuan pesanan aqiqah. Dalam setiap pesanan kami selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan menghadirkan paket aqiqah kualitas terbaik. Proses penyembelihan hewan dilakukan sesuai syariat Islam sehingga dipastikan aqiqahnya sah.

Cukup banyak pelanggan yang melakukan repeat order. Hal itu menjadi pertanda jasa kami berkualitas. Sekarang giliran Ayah Bunda membuktikannya sendiri. Sekali datang tidak akan mengecewakan.

Nah, sekarang sudah tidak ragu lagi mengenai bolehkah aqiqah dengan jasa catering? Ayah Bunda bisa mempercayakan pelaksanaan aqiqah yang amanah dan berkualitas bersama kami.